MEMBERDAYAKAN PIKIRAN BAWAH SADAR


PicsArt_09-26-08.05.33

PIKIRAN SADAR DAN PIKIRAN BAWAH SADAR

Banyak ahli menyatakan bahwa kekuatan pikiran bawah sadar sangatlah hebat dan dahsyat. Hampir keseluruhan apa yang kita lakukan merupakan kerja dari pikiran bawah sadar, dikatakan bahwa pikiran bawah sadar memengaruhi 90-95% dari kehidupan kita.

Hal ini seringkali digambarkan seperti fenomena gunung es (iceberg phenomenon).

Bagian gunung es yang terlihat (1-5%) diibaratkan sebagai pikiran sadar dan 95-99% merupakan pikiran bawah sadar.

Pikiran sadar ini mengontrol hal-hal yang berhubungan dengan willpower (kemauan/ keinginan/ tekad), analisis dan proses pengambilan keputusan. Sedangkan pikiran bawah sadar belief (keyakinan), values (nilai-nilai/ konsep diri), identitas, rasa percaya diri, kebiasaan, emosi dan resistensi untuk berubah.

Batas antara pikiran sadar dan pikiran bawah sadar digambarkan sebagai permukaan air laut. Jadi apa yang terjadi pikiran sadar untuk masuk ke pikiran bawah sadar ini harus melalui “permukaan air laut”.

Di batas antara pikiran sadar dan bawah sadar, permukaan air laut tersebut ada penyaring (filter mental), yang berupa:
– Filter keselamatan diri
– Filter moral/ agama
– Filter benar/ salah
– Filter masuk akal/ tidak.

Bila suatu perintah atau sesuatu yang masuk ke pikiran bawah sadar bertentangan dengan empat filter tersebut, maka perintah terhadap pikiran bawah sadar tidak akan terlaksana. Sebagai contoh seseorang yang sedang masuk ke stadium hipnosis kita berikan pisau tajam dan kita perintahkan untuk menusukkan ke perutnya sendiri, maka hal tersebut tidak akan terjadi, karena akan ditolak oleh filter keselamatan diri. Contoh lain seorang subjek/ klien dalam kondisi hipnosis diberikan “kitab suci” agamanya, kemudian diperintahkan untuk merobek-robek atau menginjak-injak “kitab suci” nya, maka filter agama akan bekerja dan membuat subjek/ klien tidak akan mengikuti perintah.

MEMASUKKAN INFORMASI KE PIKIRAN BAWAH SADAR

Ada beberapa cara untuk memasukkan suatu informasi/ program pikiran ke pikiran bawah sadar, antara lain bila informasi atau program tersebut disampaikan oleh figur otoritas (orangtua, guru, pemuka agama, atasan/ bos, dsb); ide yang disampaikan bermuatan emosi tinggi (pada jaman penjajahan yel-yel merdeka atau mati merupakan ide yang bermuatan emosi tinggi yang dapat menggerakkan rakyat untuk melakukan perlawanan bahkan dengan taruhan nyawa sekali pun); ide yang diulang-ulang atau mengalami repetisi akan dengan mudah masuk ke pikiran bawah sadar (sesuatu yang diulang-ulang selama 21 hari akan menjadi kebiasaan dan bilamana diulang selama 90 hari akan menjadi life style (pola/ gaya hidup); identitas kelompok atau keluarga (misal pada demo buruh, atau kecenderungan berkumpul mereka yang mempunyai kesamaan). Yang terakhir adalah relaksasi pikiran. Dalam kondisi pikiram relaks, ide-ide/ pemikiran akan dengan mudah diterima pikiran bawah sadar.

Kebanyakan hipnoterapis dari mazhab west coast (pantai barat) menggunakan teknik relaksasi dalam melakukan terapi, dengan cara menurunkan secara perlahan subjek atau klien ke kondisi relaksasi yang dalam yang dinamakan kondisi hipnosis.

Kondisi hipnosis ini adalah keadaan yang kurang lebih mirip/ sama dengan kondisi khusyuk, kondisi meditatif, kontemplatif, atau deep trance.

Perubahan terhadap seseorang dilakukan di pikiran bawah sadar dengan mencari akar masalah yang muncul untuk pertama kali dalam kehidupan klien dan menyelesaikannya di sana. Kondisi hipnosis/ deep trance ini merupakan kondisi yang resertif terhadap perubahan.

KEKUATAN PIKIRAN BAWAH SADAR DALAM MENGUBAH KEHIDUPAN SESEORANG

Kekuatan pikiran bawah sadar dapat mengubah hidup seseorang dan membentuknya menjadi apa yang dia inginkan. Ingat dengan kata-kata “You are what you thimk”?

Agar seseorang dapat mengubah kehidupannya, seseorang harus mengubah dirinya terlebih dahulu. Dalam sebuah hubungan kita tidak bisa berharap orang lain berubah baru kemudian kita berubah, namun berubahlah terlebih dahulu, niscaya orang lain akan berubah. Seperti saat melihat diri kita di cermin, kita tidak dapat mengubah gambar kita di cermin tanpa mengubah diri kita terlebih dahulu.

Untuk mengubah diri kita, ada 2 sifat utama pikiran bawah sadar yang merupakan bagian penting dalam proses hipnoterapi, yakni :

1. Pikiran Bawah Sadar tidak mengenal masa lalu, yang ada adalah masa sekarang (now) karena pada saat proses hipnoterapi, “masa lalu” tersebut dapat dihadirkan di masa sekarang (now).

2. Pikiran Bawah Sadar tidak bisa membedakan mana yang merupakan kejadian nyata atau kejadian yang tidak nyata yang kita masukkan/ tanamkan (implant-kan) ke dalamnya.

Ketika Anda melihat kehidupan orang lain, misalnya, rumah mereka, Anda melihat semuanya berantakan, mungkin ada sampah dan kotoran di mana-mana, yang Anda benar-benar lihat adalah apa yang terjadi di pikiran bawah sadar mereka.

Anda hanya dapat melihat orang-orang dan menonton cara mereka bertindak, apa yang mereka lakukan dan hasil yang mereka dapatkan. Anda benar-benar dapat mengetahui apa yang sedang terjadi di dalam pikiran mereka, sungguh luar biasa. Apa yang Anda lihat adalah cerminan pikiran bawah sadar mereka.

Apakah Anda tahu seseorang bahwa hidupnya berantakan, semuanya selalu salah, mereka tidak peduli apa yang mereka lakukan? Kalau kita perhatikan mereka berbicara paling banyak?

Kebanyakan dari mereka selalu bergosip atau mengeluh tentang banyak hal dan coba tebak, mereka sesungguhnya sedang menarik hal yang sama ke dalam kehidupan mereka lagi dan lagi.

Pikiran dominan Anda akan mempengaruhi pikiran bawah sadar Anda dan akhirnya mengubah hidup Anda.

Jika Anda memegang erat gambar mobil baru di pikiran bawah sadar Anda atau mungkin juga rumah baru atau hubungan baru, jika Anda mempertahankan pikiran itu dalam pikiran bawah sadar Anda cukup lama, Anda akan menarik ke dalam hidup Anda, itu telah terbukti dan tidak pernah gagal. Ini merupakan bagian dari Law of Attraction (LoA). Hal ini juga telah terbukti.

Sangat sulit dan mustahil untuk mengubah hidup Anda tanpa mengubah pikiran bawah sadar Anda terlebih dahulu, tidak peduli seberapa keras Anda mencoba atau berapa banyak afirmasi positif yang Anda jalankan di sepanjang hari.

Jika Anda tidak mengubah pikiran bawah sadar Anda, Anda akan sangat sulit mengubah kehidupan luar Anda.

Kegagalan seseorang dikarenakan dia tidak pernah benar-benar yakin bisa memegang erat apa yang diinginkannya di pikiran bawah sadarnya.

Pernah bertanya-tanya mengapa? Karena mereka tidak pernah benar-benar mengubah sistem kepercayaan mereka. Mereka masih memiliki mentalitas yang buruk dan merasa mereka tidak pantas mendapatkan sesuatu yang diinginkannya.

Pikiran bawah sadar mereka, yang mengendalikan segalanya, muncul dengan cara-cara untuk segera menyingkirkan sesuatu yang diidam-idamkannya yang menurut mereka tidak pantas mereka dapatkan.

Kabar baiknya adalah bahwa dengan menggunakan pesan-pesan subliminal, meditasi, dan teknik visualisasi, Anda dapat memrogram atau saya harus mengatakan memrogram ulang pikiran bawah sadar Anda menjadi apa pun yang ingin Anda capai.

PENCARIAN KE DALAM

Menggunakan pikiran bawah sadar untuk mengubah penampilan fisik, pikiran bawah sadar benar-benar mengubah hidup. Sukses dan bahagia itu ada di dalam pikiran bawah sadar, jadi janganlah mencarinya di luar, semuanya ada di dalam diri Anda.



 

Please follow and like us: