NYERI KEPALA DAN HIPNOTERAPI

TEKNIK DAN PRAKTIK KLINIS HIPNOTERAPI

Sakit Kepala 2

Hipnoterapi sangat efektif dalam mengurangi atau menghilangkan sakit kepala. Banyak teknik yang dapat dipergunakan oleh seorang hipnoterapis dalam mengontrol dan menghilangkan sakit kepala. Anda dapat belajar untuk menggunakan metode ini untuk diri Anda sendiri, setiap kali sakit kapala menyerang. Metode ini juga mengurangi ketergantungan pada obat penghilang rasa nyeri. Metode ini bekerja lebih cepat daripada obat, tanpa efek samping yang seringkali dikaitkan dengan obat anti nyeri (pain killer drug).

Sebelum mempraktikkan teknik ini, Anda disarankan untuk menemui dokter Anda guna mengetahui apakah ada penyakit yang mendasari sakit kepala yang Anda derita, karena bisa saja sakit kepala tersebut merupakan gejala dari suatu penyakit. Perlu diingat bahwa hipnoterapi adalah suatu metode pengobatan komplementer yang tidak dimaksud menggantikan terapi medis, namun sebagai pelengkap dan mendukung suatu terapi medis.

Sebuah cerita yang sangat sering diceritakan dalam lokakarya-lokakarya hipnosis:

Seorang hipnotis terkenal pergi ke dokter dengan keluhan sakit kepala hebat. Setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan, dokter memberitahu dia, bahwa ada tumor besar tumbuh di otaknya dan harus dioperasi.

Dokter mengatakan, “Saya bingung bahwa Anda bisa menunggu begitu lama untuk berobat ke dokter dengan menahan rasa sakit yang luar biasa selama berbulan-bulan …..”

Hipnotis tersebut memang mahir menggunakan pengetahuannya mengenai hipnosis untuk mengontrol rasa sakitnya, tetapi dia harus membayar mahal. Andai saja setahun sebelumnya dia pergi berobat ke dokter, dia mungkin akan dengan cepat mengetahui penyakitnya dan kesempatan untuk (tertolong) selamat akan lebih besar, karena penyakitnya yang diketahui lebih dini.

Inti dari cerita di atas adalah :

Pertama : sakit kepala, bersama dengan sakit kronis lainnya, dapat dengan mudah dikendalikan dengan hipnosis;

Kedua: seorang hipnoterapis harus berhati-hati bekerja dengan kontrol nyeri, karena kemungkinan dapat terjadi hal mengerikan, sebagaimana digambarkan pada kisah di atas.

Ada baiknya seorang hipnoterapis bekerjasama dengan dokter dan tidak mengabaikan penilaian dokter. Jika dokter mendiagnosis adanya kondisi medis yang mendasari, seorang hipnoterapis dapat melakukan hipnosis untuk membantu klien yang sedang dalam perawatan medis terhadap kondisi yang dihadapinya tersebut.

Pada contoh kisah di atas, seorang hipnoterapis sebenarnya dapat menemukan penyebab emosional dan mental yang mendasari tumor otak yang diderita Klien, membantunya menetralisir emosi yang timbul dan mengajarkan teknik untuk mengecilkan tumor tersebut melalui visualisasi dengan metode penyembuhan somatik sebagai terapi komplementer penatalaksanaan secara medis. Hipnoterapis bahkan bisa menggunakan teknik hipnosis untuk membantu tubuh Klien merespon lebih efektif terhadap kemoterapi, radioterapi, atau operasi yang dianjurkan dokter dan meminimalkan efek samping dari pengobatan tersebut.

Banyak sakit kepala, terutama migrain, disebabkan oleh penyempitan atau pelebaran pembuluh darah di kepala. Efektivitas hipnosis dalam mengontrol perdarahan dalam tindakan bedah telah banyak dibuktikan dan didokumentasikan dengan baik, sehingga tidak mengejutkan bilamana hipnosis dapat menormalkan aliran darah dalam mengurangi sakit kepala.

Setelah seorang hipnoterapis menemukan akar masalah dan menangani emosi Klien, hipnoterapis tersebut dapat memberikan “anchor” pada kondisi profound somnambulism. Klien dapat diajarkan teknik visualisasi untuk mengalirkan keluar warna sakit kepala melalui beberapa titik keluar yang dipilih oleh pikiran bawah sadar Klien. Teknik ini dipergunakan untuk menormalisasi aliran darah ke kepala. Titik keluar dapat terletak belakang kepala di mana ketegangan otot sering menyebabkan sakit kepala. Hipnoterapis memberitahukan dan menunjukkan titik-titik ini kepada Klien yang terhipnotis. Diajarkan kepada Klien untuk menyentuh dengan lembut atau menggosok titik keluar ini, untuk membuka pintu keluar di daerah tersebut dan mengalirkan warna unik sebagai visualisasi sakit kepala.

Kemudian klien dikondisikan melakukan visualisasi dengan mengganti warna “sakit kepala” dengan “warna kesembuhan” yang diberikan oleh pikiran bawah sadar Klien. Umumnya warna biru, putih, emas, atau ungu. Klien sering heran betapa cepat sakit kepala mereka menghilang dengan menggunakan metode sederhana ini.

Klien mungkin memerlukan beberapa sesi untuk mempelajari keterampilan ini – setelah dipelajari, klien dapat dengan mudah melakukan proses-proses sederhana setiap kali sakit kepala menyerang. Teknik ini bekerja lebih cepat daripada obat penghilang rasa sakit. Bahkan klien yang masih membutuhkan obat-obatan dapat menggunakan metode ini untuk mengurangi dosis obat.

Untuk penyembuhan jangka panjang sakit kepala kronis langkah lain mungkin diperlukan. Kita dapat menggunakan hipnosis untuk mengeksplorasi penyebab emosional atau mental yang mendasari sakit kepala di pikiran bawah sadar klien (Ini berbeda dengan penyebab fisik dari sakit kepala yang menjadi ranah dokter untuk mengobati). Kita dapat menggunakan instruksi sederhana seperti memasuki sakit kepala seolah-olah itu ruang untuk melihat orang atau kenangan yang terkunci di dalam sakit kepala. Ini membutuhkan bantuan dari seorang hipnoterapis terlatih khusus, karena sebagian penghipnotis, bahkan dokter berlisensi, tidak memiliki pelatihan yang memadai untuk bekerja pada tingkat kedalaman ini.

Faktor lain dari sakit kepala kronis adalah pola makan yang buruk, alergi makanan, atau zat kimia dan sensitivitas terhadap lingkungan. Selain diperlukan konsultasi dengan dokter spesialis alergi dan dokter spesialis gizi kninis, seorang hipnoterapis dapat menyarankan kepada Anda mengenai hubungan yang tepat antara diet, atau perubahan gaya hidup yang dapat membantu Anda menghilangkan/ menyingkirkan gejala sakit kepala dari kehidupan Anda.

Kabar baiknya adalah bahwa Anda tidak harus hidup dengan sakit kepala kronis lagi. Anda dapat memulai perjalanan penyembuhan Anda hari ini!

Please follow and like us: